Thursday, August 27, 2009

Aktivitas 3 Pulau Kecil Mengusik Kedaulatan NKRI...???

Gw tahu bahwa Indonesia cintaku itu punya +/- 17000 pulau yang terdiri dari 5 pulau besar dan belasan ribu pulau kecil.

Pagi-pagi gw buka internet, baca berita yang cukup provokatif yang memberitahukan klo 3 Pulau kecil di Indonesia di daerah Mentawai Sumatera Barat; Pulau Makaroni, Pulau Siloinak, dan Pulau Kandui akan dijual di privateislandsonline.com dengan headline "Islands for sale in Indonesia." Gw bilang ini provokatif karena maksud karena sale atau dijual disini berarti memindahkan hak milik pulau yang dipunyai RI ke tangan orang pribadi dan kebanyakan memang orang asing dan ini juga menyangkut kesatuan NKRI. Siapa coba orang Indonesia yang ga geram dan marah ama hal yang menyangkut kesatuan NKRI ini...???

Sepintas gw ngeliat berita ini memang gw marah, tapi gw terus berpikir apakah jual beli pulau sama saja dengan jual beli tanah di Indonesia even pembelinya adalah orang asing. Memang gw pikir ga ada bedanya, yang beda hanyalah masalah privacy dan ukurannya saja. Gw cari-cari dari sumber lain tentang semua yang berkaitan dengan jual beli pulau di seluruh indonesia.

Semua artikel yang gw temuin adalah tidak ada jual beli yang bener-bener memindahkan hak kepemilikan pulau ke tangan pribadi termasuk orang asik. Yang ada hanyalah pemindahan hak pengelolaan pulau tersebut, karena pastinya di dalam pulau itu ada resort2 yang juga menjadi daya tarik wisata di Indonesia. Harapan gw sich, walaupun ini hanya hak pengelolaan lebih baik jika orang2 dari Indonesia sendiri yang memeganya. Jangan sampai jatuh ke tangan asing, orang kita ada 200 juta koq dibanding 17000 pulau ya bisalah lah kita jika mau. Semoga doa gw ini terwujud ya. Amiiin...

- - -
mba

No comments:

Post a Comment